Formulir Kontak

 

My Motivation


Dalam melakukan atau ingin menggapai suatu hal, kita membutuhkan kekuatan yang disebut “motivasi”.  Sebab, sebuah angan cita tanpa berlandaskan motivasi, that’s nothing. Motivasi ini sangat berguna untuk kita. Karena disaat kita merasa lelah dengan usaha kita menggapai suatu hal yang diinginkan, motivasilah yang akan mendorong dan membuat kita menjadi lebih kuat.

This is my motivation!

Ada lima ucapan motivasi dari lima sumber yang berbeda, yang menurut gw ini penting buat gw. Karena ini menyangkut kehidupan setelah lulus SMA. Cekidot!

1.) “Dek, kamu kalo ga lolos SNMPTN Tulis (waktu itu belum SBMPTN) kamu coba simak UI yaa! Kamu pilih Sastra Arab, terus kamu nanti ambil juga Akuntansi di Gundar.” – Mama

Ucapan ini memotivasi gw untuk lolos SNMPTN. Karena kehidupan keluarga bisa dibilang udah ngemban beban yang berat. Dan gw ga mau nambahin beban orang tua lagi dengan kuliah di dua fakultas dan universitas yang beda. Disini gw juga mau nunjukkin ke Mama, kalo gw bisa lolos SNMPTN. Dan gw ga mau ngecewain perempuan yang paling berharga dalam hidup ini. I Love You Mah! :*

2.) “Mas, kamu jangan milih UI! Kamu ga bakalan lolos. Mending PTN yang masih sedikit peminatnya!” – Pak Agus

Kalimat terpedes yang pernah gw denger dan ditumpahin ke gw. Padahal beliau guru BK di SMA, tapi malah bikin ngedrop anak muridnya. Oke maksud dia baik, kita harus realistis. Tapi ga ada salahnya kan kita punya impian yang tinggi. Statement dari pak Agus ini yang ngebuat gw makin panas agar bisa lolos SNMPTN Tulis dan masuk PTN ternama. Dari sini gw mulai mau nunjukkin ke doi, kalo kita bisa. Emang kita anak swasta, tapi ga nutup kemungkinan bisa bersaing dengan mereka anak negeri. Gw pengen nunjukkin ke dia, kalo statementya itu salah besar.

3.) “Dzulfikar, kamu udah ikut bimbel apa aja yang khusus buat SNMPTN? | ga ada bu | kamu mau lolos, tapi ga ikut bimbel? Susah dzul, saingan kamu tuh dari seluruh Indonesia. Minimal kamu ikut yang intensif satu bulan lah!” – Bu Sri

Salah satu kalimat lagi yang seakan-akan merendahkan kemampuan anak didiknya. Tapi gw ngerti banget kalo sebenernya beliau sayang sama gw. Dan gw tau banget kalo beliau pengen gw masuk PTN, makanya beliau berkata seperti itu. Makasih banget bu buat sarannya. Tapi saya mengerti keadaan keluarga saya itu kaya gimana. Saya rasa beban SPP sekolah swasta itu udah cukup berat untuk kedua orang tua saya.maka dari itu saya memilih untuk tidak mengikuti bimbel. Keputusan gw ini, ngebuat gw tergerak untuk belajar dan terus belajar. Walaupun masih moodyan sih belajarnya. Tapi gw yakin, kalo gw mampu bertanggung jawab atas keputusan yang gw ambil. Miss you so bad Buu :’)

 4.) “Dzul, boleh kamu pemenang disini. Tapi kamu jangan cepet merasa puas. Karena kamu bakal bersaing dengan pemenang-pemenang lainnya. Kamu jangan besar kepala dulu dengan posisi kamu disini, karena masih banyak saingan kamu di luar sana.” – Bu Umi

Ini statement yang ngebuat gw melihat segala sesuatunya dari sisi umum. Statement yang nyadarin gw, kalo gw ini belum apa-apa. Gw baru mulai, bahkan seperseribu jalan aja gw belum sampe. Ini kalimat yang paling gw inget yang pernah terlontar dari mulut beliau.  Dari sini gw mulai menjalankan roda impian gw. Disini gw pengen buktiin dan buat beliau bangga. Dan disini gw ga mau khianatin kepercayaan yang udah beliau kasih ke gw. Dan gw harus berhasil!!! Sayaang Ibu :3

5.) “Kar, ini ada beasiswa gratis kuliah dari Gundar jurusan Teknik Sipil. Beasiswanya bisa diperpanjang sampe S2. Kamu ambil yaa!” – Bu Lela

Saat denger kalimat ini, gw cuma bisa ngomong di dalem hati (WOOOOWWW). Dulu sempet punya cita-cita jadi arsitek. Tapi gara-gara pas penjurusan masuknya IPS, apa daya harus melupakan cita-cita itu. Dan saat itu momentnya mengharuskan gw memilih untuk gagal move on dengan cita-cita lama, atau mulai membuka hati dengan cita-cita baru. Akhirnya nanya ke Mama harus gimana. Dan Mama bilang “kalo bisa dicoba dulu yaa dek negerinya”. Mama pengen banget gw masuk PTN. Dan dengan alasan ini, BISMILLAH gw tolak beasiswa tersebut. Karena menurut gw, gw bisa jauh lebih baik dari itu. Sebelumnya terima kasih banget buat bu Lela yang udah nyariin link beasiswa untuk saya. Tapi sekali lagi, saya mau nunjukkin ke ibu kalo saya bisa jauh lebih baik lagi dari ini. Ti amo miss J

Dari kelima ucapan-ucapan yang ditujukan untuk gw. Gw jadikan semua itu sebagai motivasi gw untuk lolos SNMPTN. Motivasi untuk dapat merendahkan hati. Motivasi untuk menghargai. Motivasi untuk hidup yang jauh lebih baik dari ini. Dari semua statement ini, gw mau nunjukkin ke orang-orang yang ngasih kepercayaannya ke gw, gw mau nunjukkin ke semua orang yang udah sayang sama gw, gw mau nunjukkin kepada mereka kalo gw bisa, kalo gw bisa bikin bangga orang-orang yang gw sayangi. “I will do my best for my lovely people and I will always try to be the best for youJ :3 :*

Jangan pernah abaikan lontaran kata yang ditujukan kepada kalian. Jadikan semua cacian sebagai motivator dalam hidup kalian. Dan jadikan semua pujian sebagai pukulan untuk menjadikan diri kalian yang lebih baik. Selalu perhatikan sekitar kalian, karena disanalah tempat berproses. Jangan pernah takut untuk bermimpi, karena hal tersebutlah yang kan membuat hidupmu bagaikan pelangi. Selalu berpikir positif pada segala sesuatu yang terjadi, karena akan selalu ada hikmah dibalik sebuah masalah. Dan jangan pernah takut untuk melangkah dalam hidup. Disaat kamu gagal dan menyerah. Sesungguhnya itu bukan takdir,  tapi itu adalah pilihan kalian. “Keep do your best guys!!! And I believe, you can reach your dreams


Lokasi:

Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

view large map

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply