Formulir Kontak

 

Pengajian Itu Menyenangkan

Taman Pengajian Anak-anak atau sering disebut TPA. Kenapa disebut “Taman”? Karena menurut gw disitu adalah tempat yang begitu menyenangkan. Kenapa bisa begitu menyenangkan? Padahalkan itu adalah sebuah tempat ibadah. Cerita gw ini bakal nunjukkin gimana sebuah tempat ibadah bisa begitu menyenangkan.
Kalo ga salah, sekitar kelas 1an SD gw pertama kali masuk TPA. Letak TPAnya ada gang belakang rumah gw persis. TPA As-Salam namanya, yang kalo pagi jadi TK As-Salam. Jadi sebenernya bangunan TPA itu dipake untuk dua fungsi, yang pertama sebagai taman kanak-kanak, dan yang kedua sebagai taman pengajian.  TK As-Salam dulu tempat gw menjalani masa TK gw. Jadinya udah ga asing lagi buat gw menimba ilmu disana. Saat ngejalanin pengajian  di TPA As-Salam, gw sempet juga ikut pengajian yang ada di masjid As-Salam yang diadain setiap abis Maghrib. “Masjidnya sebangunan juga? Kok namanya sama?”. Ngga sob santai aja, masjidnya beda bangunan kok, rada jauh pula dari TK/TPA-nya. Kenapa semua namanya “As-Salam” gw juga ga ngerti hehe J
Lanjut ke masa TPA gw yaa.!
Jadwal pengajian di TPA itu setiap hari senin-jumat  mulai pukul 16:00-sebelum Maghrib. Jadi setiap sore, gw selalu berkeliaran disitu. Gw ngaji di TPA itu mulai dari iqro 1 sob, mulai dari belajar “alif, ba, ta, dst”. Jadi sistem ngaji disana, pertama lo diajarin dulu, terus lo disuruh belajar sendiri, terakhir lo disuruh maju buat nampilin yang udah lo pelajarin. Kalo udah sesuai dengan yang diajarin, nanti ditulis “lanjut” dikolom2 yang ada di kartu ngaji (ngaji juga punya kartu kelulusan kalii).
Di TPA As-Salam gw diajarin banyak banget ilmu. Mulai dari mengenal huruf hijaiyah, tanda baca, panjang-pendeknya, tajwidnya, diajarin doa-doa, diajarin gerakan2 sholat, diajarin ilmu2 agama, sampe hapalan2 surat. Disana tuh ibaratnya, belajar FULL pendidikan agama islam (“PAI” singkatan waktu SD). Malahan, disana juga diceritain kisah-kisah nabi. Gw bingung, cukup aja gitu waktunya buat pelajarin itu semua. Duhhh, salut banget dah sama yang namanya “Guru”, bisa ngajarin banyak hal dalam waktu yang terbatas *tepuk tangan*. Saking banyaknya yang diajarin di TPA, nilai2 PAI gw selalu tinggi gegara udah sering dapet di TPA hahaha J
Selama nimba ilmu di TPA, ga cuma belajar sob. Disana juga bisa sambil main-main, bercanda-canda sama temen2, tapi tetep kalo belajar yaa focus. Waktu itu disana guru ngaji gw pernah ngasih tantangan2 gitu buat matahin pensil kayu pake satu telunjuk doing. Beliau bilang “kalo kalian focus dan percaya, kalian pasti bisa”. Widiiih terngiang2 dah tuh di telinga gw. Udah percaya diri banget dah nih sekarang. Temen2 gw gaada yang berhasil buat matahin tu pensil. Pas giliran gw, dengan focus dan percaya diri gw pukul sekuat tenaga pensilnya “kreeekkkk” “adaaau” gw ga berhasil!!! Rasanya sakit sob, malahan sampe ada bekasnya di telunjuk gw dan ga ilang2 hmmmmm :/
Biarpun ga berhasil, tapi gapapa lahh. Yang penting bisa tetep seneng-seneng sama temen2  dan guru2 ngaji gw hihihi :3
Ohiya sampe lupa, gw belum ngenalin guru2 ngaji gw  di TPA yaa. Jadi yang pertama ada bu Juni. Beliau yang ngajarin gw dari Iqro 1-5. Yang kedua ada bu Nur. Beliau yang ngajar gw dari Iqro5- Al quran (juz berapa gitu, gw lupa). Beliau orangnya baik banget lahh pokonya. Guru ngaji favorit gw malahan hehehe. Tapi pas ditengah2, beliau ngundurin diri gegara hamil, terus punya anak, terus ga ngajar lagi dehh.  Yang terakhir ada bu Ririn. Beliau merupakan guru tergalak di TPA. Beliau juga merangkap sebagai kepala sekolah di TK As-Salam. Awal diajar beliau, gw dan temen gw kalem, adem ayem gegara takut. Hari demi hari diajar oleh bu Ririn. Lama kelamaan beliau ternyata asik juga. Malahan yang ngasih tantangan matahin pensil dan ngasih pelajaran berharga itu adalah beliau.
Suatu ketika, mau ada pagelaran islamiyah gitu lahh. Gw dan temen2 gw disuruh ikut nasyid. Gw lupa bawain lagu yang mana. Tapi, setiap malem kita latihan terus tuh di rumahnya bu Ririn. Alhamdulillahnya beliau baik, jadinya setiap latihan selalu ada makanan minuman disitu (udah punya jiwa anak kos) hahaha. Waktu pagelaran, alhamdulillah kita sukses lah disitu. Seneng banget sih rasanya latihan selama ini ga sia-sia hahaha.
Hari demi hari ngaji di TPA As-Salam…
Ternyata ga selamanya hal yang kita lakukan rutin terasa terus menyenangkan. Karena ngaji diadainnya sore, gw jadi ga bisa main bareng temen2 rumah gw. Temen2 gw biasa main sepak bola di belakang TPA atau lapangan sebelah TPA. Seneng rasanya melihat mereka main bareng2. Gw selalu nahan karena harus ngaji. Sepulangnya ngaji, disaat baru gabung, azan Maghrib berkumandang. Alhasil kita harus langsung pulang. Setiap hari kaya begitu terus. Lama kelamaan gw bosen ngaji, terus minta nyokap buat udahan ngajinya. Tapi nyokap tetep kekeuh biar gw terus ngaji. Yaa mau gimana lagi, akhirnya gw tetep lanjutin ngaji. Tapi yang namanya anak2, pasti tetep ingin main bareng temen2nya. Gw pun punya ide biar ngaji dan main dapat terlaksana.  Gw berangkat dari rumah setelah Ashar, dan sebelum masuk ngaji gw masih sempet main bareng temen gw. Ga Cuma itu, disaat menunggu giliran ngaji pun gw keluar buat lanjutin main bola atau ngga gw ambil giliran pertama biar bisa langsung main. Pulang ke rumah baju dekil (ini ngaji apa ngapain baju ampe dekil) hahahaha. Jadi gaada alesan buat ga ngaji dan gaada alesan buat ga main bola :D (kisah bandelnya sedikit aja lahh)
Lanjut lagi…
Seleksi alam ternyata berpengaruh juga sob di tempat pengajian seperti ini. Temen2 gw banyak yang keluar. Tapi ada beberapa juga yang masuk gantiin mereka. Waktu itu kita sisa berbelasan orang lahh. Dan disitu kita udah jadi angkatan paling atas. Kira2 kelas 5/6an, angkatan atas termasuk gw ngejalanin munakosah di salah satu pesantren di Depok. Munakosah itu kaya tes akhir gitu apa yg udah kita pelajarin selama ini. Munakosah saat itu diikuti banyak TPA, tp gw gatau TPA mana aja, yg jelas ada banyak orang disitu. Inget banget waktu itu gw kedapetan hapalan surat Ar-Rahman 1-8 dan Al-Mukminun 1-11. Terus masih ada tes2 lainnya, kaya tajwid, baca quran dan lain sebagainya. Setelah munakosah, beberapa hari atau bulan kemudian gw dan temen2 angkatan atas gw resmi diwisuda wohooooooaaaaaaa. Wisuda waktu itu bertempat di Istora Senayan, banyak banget tuh orang disitu. Inget banget disana gw dikasi piagam atau apaan gitu sama walkot Depok saat itu. Disana juga ketemu sama Zidane yang main film Lorong Waktu (dulu terkenal banget filmnya). Wisuda nandain kelulusan kita. Tapi abis wisuda kira2 kelas 1 SMP gw masih dating ngaji ke TPA, tapi kali ini ngajinya pagi gegara gw masuk sekolahnya siang. Ga sampe setahun gw dan kawan2 berhenti mengaji di TPA As-Salam. Saatnya regenerasi dengan angkatan bawah ceritanya. Walaupun berhenti ngaji di As-Salam, masih tetep ngaji ko di rumah, walaupun intensitasnya berbeda dengan di TPA hahaha.
Banyak banget pelajaran-pelajaran berharga yang gw dapet selama di menimba ilmu di TPA As-Salam. Banyak banget moment-moment berarti yang terkisah disini. Banyak banget rasa-rasa yang tercurah disini, senang, sedih, bosen, cape dan lain sebagainya.tapi disini membuat diri ini mengerti betapa indahnya menimba ilmu. Meskipun lelah, akan ada indah pada akhirnya. Kita hanya harus terus yakin dan percaya. Niscaya semua akan tercapai dan terlaksana.
Berakhir sudah kisah kasih di TPA As-Salam….
Eitsss, ceritanya belum abis nih sob. Sekarang kita ke pengajian Mas Budi…
Jadi ceritanya disaat gw kelas 2 SMP, bokap ngusulin ke gw supaya diadain pengajian anak2 setiap malem  minggu. Awalnya gw gamau, karena malem minggu waktunya kita untuk main keluar. Tapi akhirnya ahh  yasudahlah  harus menuruti usulan bokap. Gw dan temen2 rumah  pun setiap malem minggu ngaji bareng dengan guru kita Mas Budi. Beliau adalah anak mesjid di masjid As-Salam. Awalnya pengajian ini cuma dilaksanain di rumah gw, tapi makin kesini pengajian digilir setiap minggunya. Yang paling menyenangkan dari pengajian ini adalah diakhir pengajian selalu ada makan2nya duluu. Jadi kadang kalo mas Budi suka panjang2 bacanya, kita selalu kode mengucap “sodakallahulazim” biar mas Budi udahan terus bisa cepet makan hahaha. Setiap malam minggu kita ngaji, akhirnya bertambah anak2 kecil yang join bareng kita2. Makin rame deh tuh pengajiannya. Seru bisa ketawa2 saat makan2 barengnya. Setelah ngaji juga kita biasanya langsung main polisi2an, dimana setengah berperan menjadi polisi dan setengah sebagai maling. Diawal permainan maling dibiarkan lari biar mencari tempat mengumpat. Kemudian setelah beberapa saat, tugas polisi untuk mencari dan menangkapnya. Jika polisi udah menemukan para maling, maling dapat lari. Tugas polisi deh tuh buat ngejar mereka. Sekilas permainannya simple, cuma kaya kejar2an? Tahan dulu sob! Permainan ini sebenernya ekstrim juga. Kenapa? Karena maling bebas memilih tempat mengumpat mereka. Tempat mengumpat favorit para maling biasanya di kebun, tempat bermain TK, dalem stadion (yg katanya angker), atap rumah, rumah kosng, malahan atap masjid. Gila ga tuh, permainan doing bisa sampe ngumpet disana2. Untung kita mainnya malem2, jadi ga terlalu takut sama omelan tetangga. Yang lebih kita takutin sebenernya adalah setan2 yang berkeliaran, yaa meski belum pernah ketemu benerannya sih. Tapi yaa namanya juga anak2, mesti takut lah kalo main malem2, gegara takut ketemu setan.
Udah ahh ngomongin polisi2annya…
Pengajian mas Budi berlangsung selama 5 tahun sampe gw lulus SMA. Ntah kenapa bisa bertahan lama, padahal ngajinya begitu2 ajaa. Mungkin karena kebersamaannya yang bisa ngebuat pengajian tersebut bertahan lama. Mungkin juga karena banyak cerita2 lucu yang terjadi di pengajian ini. Yang paling diingat disaat pengajian berlangsung di rumah Irwan alias Iwa. Kisah lucu berawal pada saat bagian makan2. Makanan pertama muncul berupa cireng. Setelah beberapa lama, ekspektasi anak2 menjadi2 yang mengharapkan makan besar yang banyak nan enak. Setelah lama menunggu, kalimat “Allahumma soli ala Muhammad” diucapkan menandakan pengajian telah usai. Dan ternyata makan besar yang banyak nan enak tak kunjung datang. Ternyata cireng merupakan makanan pembuka dan penutup kami. Anak2 pun hanya dapat tertawa terbahak2 sambil bergumam untuk tidak mengadakan pengajian di rumah Iwa lagi (lelucon pengajian) hahahaha. Setelah sekarang gw kuliah pun pengajian tersebut masih berjalan, tapi yang jalanin hanya anak kecil2nya doangsehingga lama kelamaan karena mungkin jenuh,  pengajian tersebut sudah tiada. Meski sudah gaada pengajiannya, tapi yaa bersyukur Alhamdulillah dehh bisa ngaji sama Mas Budi.
Itu dia kisah dari awal memulai pengajian. Banyak cerita yang terjadi di dalamnya. Dan yang paling penting, amat banyak sekali ilmu yang dapat diambil selama mengikuti pengajian-pengajian.  Mengapa kita harus mengikuti pengajian? Karena ga Cuma ilmu agama yang bakal kalian dapat disana. Di dalam pengajian kita juga bisa melukiskan kisah-kisah sedih, haru, sampai menyenangkan. Yang lebih penting lagi, dengan mengikuti pengajian kita bisa mendapatkan banyak pahala hingga rahmat Allah SWT…. Aamiinn!!!
Sekian kisah ini gw sampaikan. Semoga dapat men-sugestikan kalian agar ingin mengikuti pengajian- pengajian. CIAOOOOOOOO!!!!


Lokasi:

Depok, Depok, West Java, Indonesia

view large map

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply